Wednesday, August 22, 2018

SPESIFIKASI NIKON D3400 18-55MM VR KAMERA MURAH DAN TERJANGKAU

Nikon mempersiapkan kamera DSLR Nikon baru untuk pemula yaitu Nikon D3400 dan beberapa lensa dengan sistem autofokus baru (AF-P). Nikon D3400 ini tidak terlalu berbeda dari Nikon D3300 dari berbagai segi. Kualitas gambarnya sama, sistem autofokus 11 titik, video 1080/60p, kecepatan foto berturut-turut 5 foto per detik.

ang baru adalah teknologi Snapbridge. Teknologi ini menghubungkan kamera dan ponsel melalui Bluetooth low energy (BLE), lebih hemat tenaga daripada sistem Wifi sehingga antara kamera dan ponsel bisa terhubung terus menerus tanpa kuatir baterai cepat habis.



***
Gudang Digital Online adalah salah satu Toko Online Kamera yang berlokasi di kota yogyakarta. Banyak promo menarik yang selalu diadakan di toko ini. Salah satu Produk yang dijual di toko ini adalah kamera murah DSLR, Mirrorless, Pocket.
***

Efisiensi daya juga meningkat dari 700 foto per baterai di kamera Nikon D3300 menjadi 1200 foto. Cukup untuk jalan-jalan selama beberapa hari. Nikon juga menyinggung Guide Modenya diperbaharui supaya lebih mempermudah pemula untuk belajar fotografi.

Sayangnya ada juga fitur yang dikurangi, yaitu sistem anti-dust pembersih sensor, dan port external mic yang biasanya digunakan oleh videografer untuk memonitor audio.

Pendapat saya tentang Nikon D3400
Dengan diumumkannya Nikon D3400, maka jelas Nikon masih terus mengunakan strategi yang cukup konservatif yaitu mengunakan komponen-komponen kamera lama dan menambahkan teknologi baru. Teknologi Snapbridge tentu berguna dan relevan untuk era sekarang yang suka sharing foto dengan cepat ke media sosial melalui ponsel.

Berbeda dengan pembuat kamera lain yang saat ini fokus ke pengembangan kamera mirrorless, Nikon tetap membuat kamera DSLR. Belum ada tanda-tanda Nikon akan serius membuat kamera mirrorless untuk menggantikan sistem kamera DSLRnya. Selama ini, Nikon memiliki sistem kamera mirrorless, Nikon 1, tapi banyak kritik bahwa sensornya terlalu kecil sehingga kualitasnya tidak terlalu berbeda dengan kamera compact.

Pengembangan lensa kit juga saya nilai baik karena AF-P memungkinkan autofokus lensa lebih mulus dan tidak berisik untuk keperluan foto dan juga video. Lensa Nikon AF-P 70-300mm f/4.5-6.3 terlihat cukup ringkas dengan harga terjangkau. Sepertinya akan sangat membantu untuk pemotretan subjek jauh seperti satwa liar dan kegiatan olahraga.

Harga Nikon D3400 bervariasi tergantung paket lensanya. Direncanakan tersedia bulan September 2016, Nikon D3400 + AF-P 18-55mm f/3.5-5.6G akan dijual dengan harga $649, dan dengan telefoto 70-300mm f/4.5-6.3G non VR akan dijual dengan harga $999. Lensa 70-300mm ini cukup ringkas, yaitu hanya 400 gram. Untuk lensa telefoto yang jangkauannya sampai 300mm (ekuivalen 450mm) lensa ini tergolong ringan.

Bagi yang tidak membutuhkan teknologi baru Snapbridge, tidak ada salahnya untuk melirik Nikon D3300, kamera DSLR yang dijual sedikit dibawah Rp 5 juta, kualitas gambar dan fitur-fiturnya mirip dengan D3400 yang baru.

Kamera ini ditujukan kepada fotografer pemula atau yang baru ingin belajar fotografi. Saran saya pilihlah paket lensa yang memiliki fitur anti getar, VR, terutama yang 70-300mm-nya. Makin panjang lensanya, VR makin penting.

No comments:

Post a Comment